Wabup: Seragam Gratis Harus Dibagikan di Pertengahan Juli

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati. (fit) 
Lumajang, Motim - Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyampaikan, seragam gratis secepatnya harus dibagikan oleh Dinas Pendidikan. Ia menegaskan, di pertengahan Juli 2019 ini, seragam itu sudah harus dibagikan. Karena tahun ajaran baru sudah dimulai.

“Anak-anak di pertengahan Juli sudah masuk, seragam harus didistribusikan,” katanya kepada puluhan wartawan usai pelantikan dan pengukuhan pejabat baru di Pendopo Arya Wiraraja, Kamis (4/7).

Lanjutnya, saat ini proses pengadaan seragam gratis ini masih dilakukan oleh Pemkab Lumajang. Agar seragam bisa didistribusikan, Ia pun telah memerintahkan pada Dinas Pendidikan agar bisa mempercepat proses ini.

“Ini saya sudah kejar-kejar terus Dinas Pendidikan,” tegas Indah.

Selama proses pendistribusian seragam gratis itu, Ia telah memerintahkan agar di awal masuk, peserta didik baru tidak perlu memakai seragam lebih dulu. “Seminggu pertama mereka tidak perlu memakai seragam,” ujarnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Drs. Siswanto, MM saat dikonfirmasi Memo Timur, menjelaskan jika proses lelang untuk pengadaan seragam gratis ini masih berlangsung.

“Ditangani ULP (Unit Layanan Pengadaan) bukan Dinas Pendidikan,” ucapnya.

Untuk SD akan dapat kain seragam merah/putih dan pramuka, SMP kain seragam biru/putih dan pramuka, MI kain seragam hijau/putih dan pramuka, MTS kain seragam biru/putih dan pramuka, dan MA seragam abu-abu/putih dan pramuka.

“Kaitannya kebutuhan seragam lainnya, seperti kaos (olahraga) tidak terkover dari Pemerintah Kabupaten Lumajang,” tegasnya.

Dinas Pendidikan juga telah mengeluarkan surat edaran pada 12 Juni lalu. Isinya menghimbau agar sekolah yang akan mendapat bantuan tersebut, tidak melakukan pemungutan seragam yang dimaksud.

Dari informasi yang diakses Memo Timur di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019, anggaran yang dialokasikan untuk seragam gratis ini mencapai Rp 7 miliar.

Pengadaan yang dilakukan melalui lelang itu dibagi menjadi dua. Yakni pengadaan kain seragam untuk SD dan MI dengan nilai pagu Rp 3,6 miliar. Kemudian pengadaan kain seragam SMP dan MA dengan nilai pagu Rp 3,4 miliar.

Sebelumnya, sesuai dengan jadwal tahapan, pemenang lelang akan diumkann pada 5 Juli mendatang. Namun kemudian ada perubahan. Jadwalnya diajukan, pada 3 Juli sudah diumumkan. Pemenangnya sudah diketahui.

CV Mitra Jasa Nusantara sebagai pemenang untuk pengadaan kain seragam putih/biru SMP dan putih/abu-abu MA. Kemudian CV. Sekayan Sakti pemenang pengadaan kain seragam putih/merah, putih/hijau, pramuka SD dan MI. Saat ini tahapan memasuki masa sanggah. Penandatanganan kontrak dijadwalkan 12 Juli mendatang. (cho/fit)