Anggota Pramuka Diminta Bantu Peningkatan IPM

Apel hari pramuka. (*)
Lumajang, Motim - Anggota pramuka di Lumajang diminta turut berkontribusi nyata untuk melakukan peningkatan pendidikan di Lumajang. Sehingga upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Lumajang bisa dipercepat.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, kontribusi yang bisa dilakukan anggota pramuka itu adalah dengan mendata masyarakat di sekitarnya yang belum memiliki ijazah. Dari ijazah SD, SMP dan SMA.

Data tersebut nantinya akan dijadikan database untuk mengetahui sejauh mana tingkat pendidikan masyarakat Lumajang. “Kedepan kita ingin semua terakomodir untuk memiliki ijazah paket A,B dan C dan melakukan pendidikan kejar paket di desanya,” terangnya.

Hal itu Ia sampaikan saat menjadi Pembina Apel pada Puncak Hari Pramuka ke-58 di Alun–Alun Lumajang, Rabu (14/8). Sekitar 2.500 anggota pramuka mulai dari pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandega mengikuti apel ini.

Indah menambahkan, kegiatan gerakan pramuka merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Sehingga penyelarasannya dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainnya menjadi sangat penting. (fit)