Bakal Calon Kades Bisa Tes Urine Gratis di BNN

Kepala BNN Lumajang. (fit)
Lumajang, Motim - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lumajang AKBP Indra Brahmana mengatakan, pihaknya memiliki program layanan tes urine gratis. Ini juga bisa dimanfaatkan bagi para bakal calon kepala desa untuk mendapat surat keterangan bebas dari narkoba.

“Silahkan bisa tes urine di sini, gratis, langsung dapat surat keterangannya,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak sudah berlangsung. Indra menegaskan, meskipun layanan yang diberikan BNN itu gratis, namun kualitas alat yang digunakan sesuai standar dan sama bagusnya di tempat lain yang berbabayar.

“Kita jamin juga akurat hasil tesnya,” ucapnya.

Ia menambahkan, BNN juga memberikan banyak layanan dan fasilitas gratis bagi masyarakat Lumajang guna menanggulangi peredaran narkoba. Layanan lainnya adalah rehabilitasi gratis bagi pecandu narkoba.

“Jika ada saudara yang ingin disembuhkan bisa dibawa ke sini,” ucapnya.

Pihaknya juga memberikan pelayanan maksimal dalam rehabilitasi para pecandu narkoba agar bisa kembali hidup normal. Ia menegaskan, pecandu narkoba tidak bisa disembuhkan secara total, namun setidaknya bisa membuat mereka hidup lebih baik lagi.

“Pengguna narkoba itu tidak bisa disembukan secara total. Setidaknya mereka bisa hidup berguna bagi masyarakat di sisa hidupnya,” ujarnya.

Untuk itulah, Ia menegaskan, jika narkoba adalah musuh yang harus dilawan secara serius bagi semua pihak. Karena jika sudah kecanduan, efeknya juga jangka panjang. “Sudah banyak contoh, bagaimana para pecandu itu berperilaku yang aneh,” tegasnya. (fit)