Baznas Bantu Suplai Air Bersih ke Ranuyoso

Baznas suplai air bersih dari Baznas. (*) 
Lumajang, Motim - Wilayah Lumajang utara mengalami krisis air bersih selama musim kemarau ini. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang pun ikut membantu suplai air bersih di sana. Khususnya di Kecamatan Ranuyoso.

Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanuni, mengatakan, pihaknya menyalurkan dana zakat, infaq, dan sodaqoh senilai Rp 8 juta untuk suplai air bersih. Bantuan dari Baznas ini berbeda dengan dari BPBD Lumajang, karena lebih fokus untuk tempat ibadah.

“Kita lebih banyak suplai untuk masjid dan musolah yang ada di sana. Kemudian sebagain untuk warga. Karena warga sudah mendapat suplai air dari BPBD,” ucapnya pada Memo Timur, Kamis (15/8).

Dalam suplai air bersih ini, pihaknya juga bekerjsama dengan MWC NU Ranuyoso. “Karena mereka yang lebih paham, memiliki jaringan ke semua masjid dan musolah. Karena pendistribusiannya ke pelosok-pelosok,” ucapnya.

Suplai air bersih ini dilakukan tiap hari oleh Baznas. Ada satu mobil tangki yang dikerahkan setiap hari. “Lokasinya memang ada yang jauh dan ada juga yang dekat,” kata H. Atok. Pada tahun sebelumnya, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan serupa.

Bantuan ini akan terus diberikan selama wilayah di sana kekeringan dan kesulitan air bersih. “Kita lihat sampai kapan kondisi seperti ini. Sampai kapan musim kemarau. Kita bisa salurkan bantuan lagi dari infaq dan sodakoh,” pungkasnya. (fit)