Blangko E-KTP Terbatas, Dispendukcapil Andalkan Suket

Antrean di Dispendukcapil. (fit) 
Lumajang, Motim - Blangko Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Dinas Kependudukan Capil dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Lumajang stoknya masih terbatas. Untuk mengatasi ini, Dispendukcapil mengandalkan Surat Keterangan (Suket) bagi pemohon E-KTP.

Namun ada kebijakan baru, ada Suket baru yang fisiknya jauh beda dengan sebelumnya. Saat ini fisik Suket yang baru menyerupai E-KTP dengan infrom. Sedangkan sebelumnya, hanya berupa lembaran.

“Kita berkebijakan membuat Surat Keterangan KTP Elektroniknya kita buat hampir sama dengan KTP, persis KTP,” ujar bupati.

Suket yang selama ini dikeluarkan oleh Dispendukcapil Lumajang dirasa masih kurang praktis karena masih berupa lembaran yang cukup besar. “Surat Keterangan ini juga bisa dicetak di kecamatan yang sudah berfungsi untuk pelayanan administrasi kependudukan,” katanya.

Fungsi Suket ini juga sama seperti E-KTP. Fungsinya juga sama untuk mengurus di perbankan dan kepengerusan lainnya . Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menambahkan, kebijakan ini diambil agar masyarakat mendapat pelayanan prima dari pemerintah.

“Supaya cepat mereka mendapatkan, tetapi persis dengan KTP, tetapi nanti ketika sudah dapat kartu sementara meskipun persis tetap harus ditukar dengan KTP yang blangkonya dari Kementerian Dalam Negeri,” ujarnya. (*/fit)