Bupati vs Okik, Saksi-Saksi Akan Diperiksa Polres

Lumajang, Motim - Perkara advokat Basuki Rakhmad alias Okik melawan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq terus berlanjut. Satreskrim Polres Lumajang akan memeriksa saksi-saksi yang terkait dalam perkara ini.
Kuasa Hukum Okik, Abdul Rokhim
Kuasa Hukum Okik, Abdul Rokhim
Kuasa Hukum Okik, Abdul Rokhim menyampaikan, saksi-saksi dari pihaknya atau pelapor sebenarnya sudah dijadwalkan akan diperiksa, Kamis (29/8). Namun kemudian ditunda oleh pihak penyidik dan dijadwalkan ulang Jumat (30/8) pagi.

“Iya tadi (Kamis) itu maunya ada pemeriksaan saksi. Tapi karena (penyidik) banyak gelar perkara, akhirnya ditunda,” ucapnya pada Memo Timur.

Dalam rencana pemeriksaan perdana ini, ada 2 saksi yang dipanggil oleh Polres. Yakni Darmoko dan Kholil. Keduanya merupakan warga Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian yang ikut dalam pertemuan dengan bupati pada waktu lalu.

Tahap pemeriksaan saksi ini dimulai, lantaran setelah dua minggu laporkan dilayangkan ke Polres, Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) baru didapat. “Minggu ketiga ini agendanya memeriksa saksi,” ujar

Ketika ada pemeriksaan saksi tersebut, pihaknya juga terus melakukan pengawalan di Polres Lumajang. Dengan adanya pemeriksaan saksi ini, artinya perkara Okik melawan bupati benar-benar lanjut ditangani.

“Iya lanjut,” tegas Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Lumajang itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, perkara ini berawal dari adanya insiden dalam pertemuan warga Desa Gondoruso dengan Bupati Lumajang di Ruang Mahameru, Rabu (31/7). Okik yang diminta warga untuk menjadi kuasa hukum, disuruh keluar oleh bupati. (fit)