Curi Kambing Kaligesing, Samsudin Dibekuk Polsek Sukodono

Pelaku saat menjalani pemeriksaan (cho)
Lumajang, Motim - Mencuri seekor kambing jenis Kaligesing, seorang kakek diketahui bernama Samsudin (61), warga Dusun Pakel, Desa Tanggung, Kecamatan Padang, dibekuk petugas gabungan Polsek Sukodono.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan 1unit sepeda motor milik pelaku yang digunakan untuk mengangkut kambing hasil curiannya dan seekor kambing yang dicurinya. Kini pelaku sudah menjadi penghuni rumah tahanan Polsek Sukodono.

"Pelaku ditangkap di Desa Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung Jumat kemarin," kata Kanit Reskrim Polsek Sukodono Ipda Arif Muhtadi.

Penangkapan pelaku bermula dari laporan korban bernama Eko Agus Salim warga Desa Kebon Agung Kecamatan Sukodono yang menyampaikan jika seekor kambing Kaligesing miliknya hilang dicuri maling.

Atas laporan itu, pihaknya terus melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap menemukan kambing milik korban berada pada orang lain. Menurutnya, kambing itu dibeli dari orang yang dikenalnya di pasar hewan Lumajang.

Usut punya usut ternyata orang tersebut merupakan pembeli ketujuh. Giliran pembeli pertama diperiksa diperoleh keterangan apabila kambing itu dibeli dari Samsudin.

Pihaknya pun terus mencari keberadaan Samsudin dan berhasil diamankan di wilayah Desa Banyuputih Lor. Saat diinterogasi, dia mengaku jika dirinya yang mencuri kambing milik korban tersebut diangkut menggunakan sepeda motor lalu dijual ke pasar hewan Lumajang.

Pelaku mengaku nekat mencuri kambing itu lantaran kepepet akan kebutuhan. Pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka. Perbuatannya dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian.

"Aksi pencurian pelaku Minggu (18/8) sekira pukul 03.00 Wib. Ditangkap Jumat (20/8),"jelasnya. (cho)