Danrem Ajak Santri jadi Pelopor Bangsa yang Tangguh

Danrem 083 di Ponpes Kyai Syariffudin. (*)
Lumajang, Motim - Komandan Komando Resor Militer 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zaiduddin berkunjung ke Lumajang, Kamis (22/8). Ada sejumlah agenda kegiatan selama di Lumajang. Salahsatunya adalah mengunjungi Pondok Pesantren Kyai Syariffudin di Wonorejo.

Pada kesempatan ini, Ia mengajak para santri di sana untuk menjadi pelopor, demi terwujudnya karakter bangsa yang tangguh. Karena menurutnya, pondok pesantren adalah tempat pendidikan karakter yang terbaik.

“Melihat proses kemajuan dari para santri. Saya tahu pesantren itu mencetak orang-orang akhlakul karimah. Tentu karakternya sudah bagus,” katanya di hadapan ratusan santri dan santriwati di masjid pondok.

Salahsatu contoh kesukseskan pondok pesantren dalam mencetak generasi berkarakter, adalah diajarkannya disipilin tingkat tinggi. “Di pondok harus disipilin. Sholat 5 waktu. Itu mengajarkan disiplin, taat asas, taat aturan,” jelasnya.

Ia juga memberikan wawasan kebangsaan kepada para santri dan santriwati. Agar mereka lebih paham dan kecintaannya pada negara lebih besar. “Indonesia ini luas, negara yang besar dan kata Sumber Daya Alam (SDA),” ucapnya.

Dengan kekayaan alam yang luar biasa itulah, Indonesia secara tidak langsung juga mendapat acaman oleh pihak yang ingin menguasa kekayaan itu. Danrem pun berusaha memantik jiwa para santri, untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (fit)