Dinas Pertanian Antisipasi Penyakit Menular pada Hewan Kurban

Petugas melakukan pemeriksaan hewan kurban. (*)
Lumajang, Motim - Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Dinas Pertanian Lumajang terus melakukan antisipasi adanya penyakit menular pada hewan kurban yang dijual. Petugas sudah dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan di tempat penjualan hewan kurban.

Kepala Dinas Pertanian Lumajang Imam Suryadi menegaskan, Ia sudah mengerahkan petugas untuk melakukan pemeriksaan setiap hari. “Akan kita lakukan hingga Hari-H,” katanya pada Memo Timur, Rabu (7/8).

Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan hewan tersebut benar-benar layak dijual atau konsumsi. Dan yang terpenting adalah hewan tersebut bebas dari penyakit. Khususnya penyakit yang menular pada manusia.

“seperti penyakit antraks dan penyakit menular lainnya,” ucapnya.

Sejauh ini, selama petugas melakukan pemeriksaan di berbagai tempat, masih belum ditemukan hewan kurban yang terdekteksi memiliki penyakit. “Selama ini masih belum kita temukan,” ujar Imam.

Jika nantinya ditemukan ada hewan yang positif terjangkit penyakit, tentu pihaknya akan meminta pedagang yang bersangkutan untuk tidak menjualnya. “Kalau ditemukan tentu kita larang untuk menjualnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, upaya yang dilakukan oleh pihaknya ini untuk memastikan hewan yang dijual kondisinya sehat serta tidak ada dampak buruk saat dikonsumsi. Karena penjualan hewan kurban menjelang Idul Adha ada peningkatann yang signifikan. (fit)