Goa Peninggalan Jepang di Desa Condro Jadi Destinasi Wisata

Goa jepang di Desa Condro. (*) 
Lumajang, Motim - Goa peninggalan di masa penjajahan Jepang di Desa Condro Kecamatan Pasirian dijadikan destinasi wisata di Lumajang. Tempat wisata baru itu diberi nama Taman Wisata Tambuh Raya Idaman.

Di lokasi tersebut ada tempat bermain untuk anak-anak dan juga berbagai spot menarik di sekitar Goa Jepang. Tempat wisata yang berdiri di atas Tanah Kas Desa (TKD) itu letaknya tak jauh di sisi timur Gunung Tambuh.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati telah meresmikan objek wisata baru, Rabu (7/8). Sekaligus bertepatan dengan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019.

Kepala Desa Condro Supirno mengungkapkan, tempat wisata ini dibangun di atas lahan TKD seluas 4 hektare lebih. Lahan tersebut awalnya merupakan sawah tadah hujan, sehingga produktivitasnya rendah.

Sehingga Pemerintah Desa Condro melakukan alih fungsi lahan menjadi tempat wisata. Diharapkan, dengan adanya tempat wisata ini, akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

Sementara bupati mengapresiasi langkah Pemerintah Desa, yang mengubah TKD menjadi tempat wisata. Menurutnya langkah tersebut tentunya akan meningkatkan perekonomian desa, khususnya untuk masyarakat sekitar.

"Tempat wisata ini akan menambah tempat wisata yang ada di Kabupaten Lumajang, banyak potensi yang perlu digali untuk dikembangkan," ujarnya. (fit)