Indomaret dan Alfamart di Lumajang Dilarang Sediakan Kantong Plastik

Kantong plastik dari toko modern. (fit)
Lumajang, Motim - Penggunaan kantong plastik sekali pakai di Lumajang terus ditekan. Salahsatu upayanya adalah toko modern dilarang menyediakan kantong plastik. Bahkan larangan ini telah diperkuat dengan Peraturan Bupati No. 56 Tahun 2019.

"Utamanya Indomaret dan Alfamart sudah kami hubungi dan harus segera melaksanakan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Yuli Harismawati pada Memo Timur, Jumat (23/8).

Ia menyebut, ada salahsatu pihak toko modern yang sudah siap mulai menerapkan aturan tersebut. "Alfamart akan memberlakukan mulai bulan ini," ucapnya melalui pesan whatsapp.

Selanjutnya, pihaknya akan mendorong semua pengusaha toko modern di Lumajang untuk patuh pada aturan ini. "Kami terus dengan tegas meminta pengusaha toko modern yang berusaha di Lumajang harus mengikuti ketentuan," tegasnya.

Meski Perbup telah diterbitkan, sejauh ini memang belum ada sanksi yang diberlakukan bagi pihak yang melanggar aturan tersebut. Namun pengusaha diminta kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan dengan tidak menyediakan kantong plastik.

"Sanksi masih belum kami berlakukan. Kami lebih mengajak dengan kesadaran karena para pengusaha sudah diberi ruang berusaha di Lumajang," jelas Yuli.

Ke depan, jika masih banyak toko modern yang tidak mematuhi Perbup tersebut, baru diberlakukan sanksi. "Selanjutnya akan kami berlakukan sanksi administratif. Akan ada peringatan tertulis dari bupati," pungkasnya.

Dari data yang dihimpun Memo Timur, tumpukan sampah di Lumajang jumlahnya mencapai 550 ribu ton per tahun. Namun tidak semua bisa ditangani. Hanya sebagian saja. Sampah yang ditangani secara sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle) hanya sekitar 33 ribu ton per tahun. (fit)