Jatah Ketua Komisi DPRD Dibahas Secara Informal

Wakil Ketua DPRD. (fit) 
Lumajang, Motim - Sebanyak 50 anggota DPRD Lumajang periode 2019-2024 telah dilantik, Rabu (21/8) di Pendopo Arya Wiraraja. Ketua dan Wakil Ketua sementara juga telah ditunjuk. Selanjutnya adalah pengisian struktur di dewan, salahsatunya adalah komposisi komisi.

Wakil Ketua Sementara DPRD Lumajang, H. Akhmat menegaskan, setelah dilantik, sesuai aturan, pihaknya memiliki waktu maksimal untuk menyelesaikan itu. “Sudah harus terbentuk, tapi saya berkeyakinan sebelum itu, proses ini bisa dilaksanakan,” ucapnya pada wartawan.

Untuk jatah ketua komisi, menurutnya sudah ada pembahasan secara informal. Menurutnya, keputusan yang telah disepakatai, 4 partai dengan suara terbanyak dalam Pemilu, akan mendapatkan masing-masing satu jatah ketua komisi.

“Sesuai dengan kesepakatan kita bersama kita bagi proposional. Kita berempat ini untuk penataan komisi, dia yang dapat banyak, dia yang memilih dulu di komisi apa,” ucap politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Bahkan Ia menyebut, pembahasan secara informal ini juga melibatkan Bupati Thoriqul Haq. “Kita ngobrol informal dengan bupati. Kami selaku pemenang keempat ya legowo (dapat pilihan terakhir),” ucapnya.

H. Akhmat menambahkan, memang 4 partai teratas selain mendapat jatah ketua, secara otomatis juga mendapat jatah sekretaris di komisi. “Untuk wakil ketua diambil dari fraksi. Saat ini ada 8 fraksi, ini pembagiannya lebih bagus,” terangnya.

Sementara untuk penentuan anggota di masing-masing komisi, menurutnya masih akan dibahasi lagi lebih lanjut nantinya. “Komponen, komposisinya ini, akan ada pembicaraan lanjutan,” pungkasnya. (fit)