Jelang Pilkades Serentak, Bakal Calon Jalani Tes Kesehatan

Salahsatu bakal calon sedang diperiksa. (*) 
Lumajang, Motim - Proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Lumajang sudah berjalan. Tahapan demi tahapan harus dilalui bakal calon kades yang akan bertarung akhir tahun ini. Saat ini, sebagai salahsatu sayaratnya, mereka harus mengikuti tes kesehatan.

Tes kesehatan dilakukan di RSUD dr. Haryoto Lumajang. Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang, Dadang Arifin Prestiawan menyampaikan, pemeriksaan kesehatan dilakukan pada 6-30 Agustus.

“Untuk pemeriksaan ini, DPMD Kabupaten Lumajang telah melakukan penjadwalan per hari nya sekitar 50 orang bakal calon kepala desa yang akan diperiksa kesehatannya. Dan sampai hari ini telah tercatat sekitar 200 orang yang telah menjalani pemeriksaan,” katanya.

“Hingga saat ini tes kesehatan berjalan dengan lancar. Hal ini dikarenakan adanya dukungan tenaga medis dan sarana rumah sakit yang memadai, sehingga tes kesehatan Bakal Calon Kades ini tidak menemui hambatan,” lanjutnya.

Dadang menambahkan, bakal calon kepala desa yang lolos pada beberapa tahapan Pilkades itu, nantinya akan bersaing dalam ajang Pilkades serentak di 158 desa pada 18 Desember 2019 mendatang.

Dirinya berharap dalam setiap tahapan Pilkades serentak tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar. Diharapkan para calon kades juga harus memegang komitmen untuk siap menang dan siap kalah saat hasilnya diumumkan nantinya. (*/fit)