Kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo Dioptimalkan Tahun Depan

Ranu Pane. (*)
Lumajang, Motim - Kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo di Desa Ranupane Kecamatan Senduro akan dioptimalkan sebagai destinasi wisata tahun depan. Akses jalan menuju ke sana akan terus diperbaiki. Fasilitas penunjang wisata juga akan lebih diperbanyak.

Jajaran Pemkab Lumajang telah terjun langsung ke sana, untuk melihat kondisi terkini kawasan tersebut. Selain Bupati Thoriqul Haq, sejumlah investor dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait ada menuju ke sana, Senin (26/8).

Bupati menegaskan, bahwa sudah ada perencanaan terkait optimalisasi potensi wisata di kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo tersebut. "Perencanaan yang dilakukan adalah memaksimalkan pengelolaan potensi pariwisata yang ada di kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo," ujarnya.

"Ranuregulo akan kita jadikan semacam camping ground sekaligus menjadi obyek wisata bunga dan wisata taman. Nanti akan kita bangun dan kita tata lebih baik lagi," tambahnya.

Sebagai fasilitas penunjang, juga akan membangun dan memperbaiki akses menuju ke lokasi. Direncanakan, juga akan dibangun spot-spot pendukung lainnya di sekitar kawasan Ranu Pane dan Ranu Regulo.

Sedangkan Ranu Pane yang kondisinya memprihatinkan, nantinya akan dinormalisasi. Dengan cara dilakukan pengerukan sekaligus upaya normalisasi Ranu Pane, sehingga kembali seperti semula.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Lumajang Karna Suswandi mengatakan, untuk perbaikan jalan akses Senduro - Ranu Pane ditargetkan akan selesai pada 2020. Perbaikan ini dengan menggunakan anggaran dari Program Hibah Jalan Daerah.

Sementara Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, oleh bupati diminta segera melakukan penanaman kembali pada lahan-lahan yang kosong di sekitar Ranu Pane dan Ranu Regulo. Sekaligus melakukan inventarisir tanaman yang menjadi khas Ranu Pane. (*/fit)