Kecamatan Ranuyoso Terbanyak Sembelih Hewan Kurban

Penyembelihan di halaman Masjid Jami Desa Tegalbangsri Ranuyoso. (*)
Lumajang, Motim - Ada ribuan hewan kurban yang disembelih di Lumajang dalam Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Dari laporam Dinas Pertanian Lumajang, Kecamatan Raunyoso menjadi wilayah yang paling menyembelih hewan kurban.

Data sementara yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanian atau di hari pertama Idul Adha, total hewan yang disembelih se-Lumajang mecapai 8.966 ekor. Jumlah tersebut dengan rincian, 1.742 ekor sapi, 3.562 ekor kambing, dan 3.662 ekor domba.

Dari jumlah itu, warga Kecamatan Ranuyoso yang paling banyak melakukan penyembelihan. Jumlahnya mencapai 4.483 ekor. Dengan rincian 871 ekor sapi, 1.781 ekor kambing, dan 1.831 ekor domba.

Kemudian Dinas Pertanian mencatata, dari data sementara Kecamatan Klakah paling sedikit melakukan penyembelihan hewan kurban. Karena hanya ada 14 ekor saja. Dengan rincian 4 ekor sapi, 9 ekor kambing, dan 1 ekor domba.

Kepala Dinas Pertanian Lumajang Imam Suryadi menyampaikan, jumlah ini akan terus bertambah. Karena di hari tasrik kedua dan ketiga, di sejumlah wilayah juga masih melakukan penyembelihan.

“Ini data sementara sampai dengan kemarin (Minggu), karena di hari tasyrik masih ada yang menyembelih,” katanya pada Memo Timur.

Selain melakukan pendataan, pihaknya juga terus melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang akan disembelih. Hal ini berguna untuk memastikan hewan yang disembelih itu benar-benar layak konsumsi. (fit)