Konsleting Listrik, Rumah di Desa Purworejo Terbakar

Petugas melakukan upaya pemadaman. (*)
Lumajang, Motim - Kebakaran rumah di Lumajang kerap terjadi. Peristiwa itu kembali terjadi, Rabu (14/8) malam. Kali ini terjadi di RT 02 RW 11 Dusun Sidorejo Desa Purworejo Kecamatan Senduro. Diduga penyebab kebakaran karena adanya konsleting listrik.

Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, rumah milik Nasir (70) terbakar sekitar pukul 8 malam. “Ada konsleting arus listrik dan menyambar rangka atap rumah berbahan kayu,” kata Kabid Kesiapsiagaan, Kedaruratan, dan Logistik Wawan Hadi S.

Saksi mata menceritakan, terdengar ledakan hingga 3 kali saat kebakaran terjadi. Diduga suara itu, salahsatunya dari barang elektronik. Warga yang mengetahui kejadian ini, langsung melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya.

Tak berselang lama, petugas pemadam kebakaran datang di lokasi kejadian. Upaya pemadaman langsung dilakukan. Sekitar satu jam dilakukan pemadaman, apir berhasil diapadamkan secara total.

“Api dipadamkan pada pukul 21.03 WIB,” jelas Wawan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian material dari kebakaran ini ditaksir mencapai Rp 75 juta. Karena hampir seluruh bangunan rumah tersebut mengalami kerusakan. “Saat ini Pak Nasir mengungsi dirumah tetangga,” ucapnya. (fit)