Mahasiswa Calon Penerima Beasiswa Baznas Wajib Bisa Ngaji

Pendaftaran SKSS di Baznas Lumajang. (*) 
Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang kembali melakukan seleksi calon penerima Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS). Sebuah program beasiswa bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu.

Pendaftaran telah ditutup, Senin (12/8) lalu. Ada banyak pendaftar yang berminat untuk mendapatkan beasiswa dari dana zakat tersebut. “Sudah ditutup, sudah ada 48 pendaftar,” kata Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi pada Memo Timur, Selasa (13/8).

Karena setiap tahun, Baznas hanya menyediakan kuota untuk 10 mahasiswa saja. Maka dari jumlah pendaftar tersebut akan diseleksi lagi. Ada beberapa tahapan yang yang harus dilalu, oleh calon penerima beasiswa tersebut.

Setelah pendaftaran, Baznas akan melakukan seleksi administrasi. Karena para pendaftar harus melengkapi segala persyaratan yang diminta oleh Baznas. Pendaftar yang lolos seleksi administrasi, akan dipanggil untuk tahapan wawancara.

Di tahapan wawancara inilah, calon penerima beasiswa juga akan dites mengaji Alquran. Karena itu merupakan salahsatu syarat yang harus dipenuhi. “Karena ini dana zakat, maka supaya manfaatnya lebih, penerimanya ini harus bisa ngaji,” kata H. Atok.

Setelah menentukan peserta yang lolos di tahapan ini, tim dari Baznas akan melakukan survei ke rumah yang bersangkutan. Hal ini untuk memastikan apakah benar mereka berasal dari keluarga yang tidak mampu.

“Tujuannya memang beasiswa untuk keluarga tidak mampu,” ungkapnya. (fit)