Okik vs Bupati, Polisi Kumpulkan Bukti-bukti

Kasat Reskrim AKP Hasran SH M.Hum. (fit)
Lumajang, Motim - Polres Lumajang terus melakukan proses penyelidikan terkait laporan dugaan pencemaran nama baik yang melibatkan Advokat Basuki Rakhmad alias Okik sebagai pelapor dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq sebagai terlapor.

“Laporan itu terus kami tangani. Saat ini masih dalam proses penyelidikan,” ungkap Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Hasran SH M.Hum pada Memo Timur, Selasa (13/8).

Saat ini pihaknya masih fokus untuk mengumpulkan bukti-bukti dalam perkara ini. Karena untuk beranjak ke tahapan selanjutnya, laporan itu harus diperkuat dengan adanya bukti-bukti. “Kita masih melengkapi bukti-bukti,” ujarnya.

Lanjutnya, jika bukti-bukti yang dibutuhkan sudah terkumpulkan dan lengkap, maka pihaknya akan menuju ke tahapan selanjutnya, yakni penyidikan. “Jika sudah lengkap, akan kita naikkan statusnya ke proses penyidikan,” kata Hasran.

Upaya yang dilakukan Polres Lumajang sekaligus membantah isu jika perkara ini tidak akan diproses. “Jika laporan itu dikuatkan dengan bukti-bukti pendukung yang kuat, maka tidak ada istilah tidak diproses. Tetap diproses secara hukum,” terangnya.

Karena sudah menjadi tugas pihak kepolisian untuk menerima laporan dari masyarakat dan memporsesnya. “Kami sebagai pelayan masyarakat berkewajiban menerima laporan masyarakat tanpa terkecuali,” ujarnya.

Jika nantinya dalam proses penyelidikan yang dilakukan oleh pihaknya, dugaan pencemaran nama baik itu tidak terbukti, maka perkara ini juga tidak akan dilanjut. “Jika tidak terbukti ya tidak dilanjut,” tegasnya.

Saat ditanya, apakah polisi sudah memiliki bayangan siapa yang ditetapkan sebagai tersangka, Hasran menegaskan tentu masih belum ada. “Belum, masih proses,” pungkasnya. Apalagi pihaknya belum melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait. (cho/fit)