Olahraga Tradisional Terus Dilesatarikan

Perlombaan olahraga tradisional. (*)
Lumajang, Motim - Momentum Hari Kemerdekaan Indonesia bisa diisi dengan ragam kegiatan yang bermanfaat. Untuk memeriahkan HUT RI ke-74 itu, bisa diisi dengan berbagai perlombaan olahraga tradisional.

Seperti yang telah digelar di halaman Pemkab Lumajang dalam pekan ini. Sejumlah jenis olahraga tradisional dilombakan. Diantaranya ada gobak sodor, dagongan, terompah panjang, egrang, dan juga sumpitan.

Kasi Olahraga Tradisional dan Rekreasi Dinas Pemuda dan Olahraga Lumajang, Galih Permadi menjelaskan, perlombaan ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Sumpitan, pada tahun lalu tidak dilombakan.

“Sumpitan ini baru dilaksanakan di Lumajang, kalau masyarakat Lumajang menyebutnya seperti ‘tolop’ istilahnya zaman dahulu digunakan sebagai senjata namun saat ini kita memakai target seperti panahan,” jelasnya.

Jika saat ini hanya diikuti jajaran di lingkungan Pemkab Lumajang, Galih Permadi mengungkapkan, tahun depan olahraga tradisional akan lebih dikenalkan lebih luas. Dengan mengadakan perlombaan olahraga tradisional untuk umum dan pelajar.

Selain lomba olahraga tradisional, juga digelar lomba memasak nasi goreng yang diikuti para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Bupati Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Indah Amperawati juga ikut lomba tersebut. (fit)