Pohon Lapuk Tumbang Timpa Usaha Warga di Jalan A Yani

Petugas melakukan evakuasi pohon tumbang. (*) 
Lumajang, Motim - Pohon tumbang kembali terjadi di kawasan Jalan Ahmad Yani, tepatnya di depan SMA 1 Lumajang, Sabtu (3/8) siang. Pohon tersebut menimpa bangunan usaha milik warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 1 siang. Pohon jenis waru dengan diameter 30 sentimeter itu tumbang karena kondisinya sudah lapuk.

"Tumbang karena lapuk," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Kedaruratan, dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo pada Memo Timur, Minggu (4/8).

Pohon tersebut menimpa bangunan usaha milik Ahmad Sari, warga Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono. Ada 2 usaha di tempat itu, yakni warung dan juga usaha jahit baju. Akibatnya atap bangunan tersebut mengalami kerusakan.

Proses evakuasi dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lumajang dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang. "Petugas segera tiba di lokasi dan melakukan pemotongan kayu sekaligus pembersihan," ucap Wawan.

Butuh waktu sekitar satu jam setengah bagi petugas untuk melakukan evakuasi. Selain menimpa bangunan, pohon itu juga memutuskan kabel kamera pengintai milik Dinas Perhubungan Lumajang yang melintang di sana.

Sehari sebelumnya juga terjadi pohon tumbang di kawasan yang sama. Pohon jenis Sono Keling yang tumbang itu dengan diameter 40 sentimeter.

DLH Lumajang sendiri belakangan ini terlihat terus melakukan pemangkasan ranting dan dahan pohon di jalan seputar kota. Karena daunnya sudah rimbun. Sekaligus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (fit)