PPDI Fasilitasi Penderita Bibir Sumbing untuk Operasi

Ketua PPDI Lumajang Ali Muslimin. (*)
Lumajang, Motim - Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Lumajang memfasilitasi penderita bibir sumbing untuk mendapatkan operasi secara gratis. Bhakti sosial yang digagas PPDI Lumajang ini, sekaligus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Ketua PPDI Lumajang Ali Muslimin menyampaikan, bhakti sosial itu akan dilaksanakan pada 31 Agutus mendatang. Pelaksanaan operasi dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Haryoto Lumajang.

“Saat ini yang mendaftar masih ada 7 orang. Biasanya mendekati pelaksanaan itu banyak yang mendaftar,” katanya pada Memo Timur, Senin (19/8).

Menurutnya penderita bibir sumbing cukup banyak di berbagai daerah. Termasuk di Lumajang. “Banyak, di semua daerah ada,” ujarnya. Untuk itu pihaknya, berinisiatif membantu mereka agar mendapatkan operasi secara gratis.

Tidak banyak syarat yang harus dipenuhi bagi para penderita bibir sumbing untuk bisa mendapatkan pelayanan operasi gratis. Diantaranyarujukan dari Puskesmas, fotokopi KTP dan KK, SKTM, dan foto pasien.

Selain bekerjasama dengan RSUD dr. Haryoto, PPDI Lumajang bekerjasama dengan Yayasan Dewi Kasih. Menurut Ali Muslimin, selain operasi bibir sumbing, pihaknya juga memfasilitasi operasi langit-langit mulut.

Ia menambahkan, jika jumlah pasien lebih dari 15 orang, maka pelaksanaan operasi gratis itu bisa dilakukan selama 2 hari. “Tapi kalau sekitar 10 orang, bisa sehari dan sampai malam,” jelas dia. (fit)