Ratusan Napi Dapat Remisi di Hari Kemerdekaan

Napi di Lumjang dapat remisi. (*)
Lumajang, Motim - Ratusan narapidana di Lembaga Pemasyarakat Kelas II B Lumajang mendapat remisi di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Surat Keputusan Remisi itu telah diberikan pada Sabtu (17/8).

Kepala Lapas Kelas II B Lumajang, Tohari, Amd IP. S.Sos, M.H., menyebut, ada 368 napi yang telah mendapat remisi di hari kemerdekaan tahun ini. Sedangkan jumlah warga binaan saat ini ada 651 orang.

Untuk remisi 5 bulan sebanyak 25 orang, remisi 4 bulan sebanyak 44 orang, remisi 3 bulan sebanyak 99 orang, remisi 2 bulan sebanyak 100 orang, dan remisi 1 bulan sebanyak 100 orang. Beberapa diantaranya ada juga yang langsung bisa menghirup udara segar di hari itu.

Penyerahan remisi tersebut merupakan agenda rutin dari rangkaian kegiatan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Bupati Lumajang Thoriqul Haq juga hadir dalam penyerahan remisi ini.

"Kami mengucapkan selamat, terus semangat menjalani proses hidup yang akan terus berkembang, proses ini adalah bagian dari proses berkehidupan dan evaluasi diri," ujarnya.

Pemberian remisi merupakan bentuk apresiasi negara terhadap warga binaan yang berhasil menunjukkan perbaikan prilaku dan meningkatkan kompetensi diri. Seperti yang disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna Laoly. (fit)