SDN Sawaran Lor 03 Belum Miliki Fasilitas Memadai

SDN Sawaran Lor 03. (*)
Lumajang, Motim - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sawaran Lor 03 Kecamatan Klakah nampaknya masih belum memiliki fasilitas dasar yang memadai. Seperti tidak ada kamar kecil atau kamar mandi. Juga atap sekolah yang masih rusak.

Kepala Sekolah SDN Sawaran Lor 03, Sumardiyo mengungkapkan, bahwa pemenuhan dasar fasilitas kamar mandi tersebut, sudah lama belum terbangun, kurang lebih sejak 2016. Pihaknya berencana mengajukan pemenuhan fasilitas itu namun terbentur sejumlah persoalan.

"Dulu saya pernah mengajukan, karena terbentur status tanah karena belum bersertifikat. Katanya itu agak sulit, sehingga saya tidak jadi usulkan, dan terbentur juga jumlah murid yang sedikit," jelasnya

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Drs. Agus Salim dan Wakil Bupati Indah Amperawati sudah melakukan peninjauan ke sana, Selasa (20/8). "Kondisi sarana maupun prasarana sekolahnya tidak memadahi, dan ini sangat memprihatinkan," kata wabup.

Dalam waktu dekat, Pemkab Lumajang akan memfasilitasi sarana maupun [rasarana sekolah dengan memenuhi fasilitas dasar. Diantaranya akan dibangun dua kamar mandi, bagi guru dan murid.

Indah juga meminta kepada Dinas Pendidikan Lumajang agar segera menginventarisir semua lembaga sekolah, sekaligus mengevaluasi tingkat kerusakan yang sesuai dengan tingkatan masing-masing. " Saya khawatir, adalagi sekolah yang kondisinya semacam ini," ujarnya. (fit)