Tangkap 3 Pelaku Narkoba, Polisi Amankan 78,6 Gram Sabu

Ketiga pelaku. (cho)
Lumajang, Motim - Satuan Reserse Narkoba Polres Lumajang pada Selasa (13/8) meringkus 3 orang diduga sebagai pelaku narkoba jenis sabu ditempat berbeda lengkap barang buktinya.

Ali Wafa bin Sumu (26) warga Dusun Krajan, Desa Babakan, Kecamatan Padang. Ali Wafa ditangkap di rumah temannya bernama Mat warga jalan Cut Nyak Dien Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Kota Lumajang sekira pukul 16.00 Wib.

Barang Bukti sebuah tas kresek berisi 1 kantong plastik berisi sabu seberat 77,7 gram, 1 buah timbangan elektrik sabu serta 1 bandel plastik klip kosong.

Kini pelaku sudah diamankan di rumah tahanan Polres Lumajang."Perbuatan Ali Wafa dijerat pasal 114 sub 112 UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,"kata Kasat Resnarkoba AKP Ernowo.

Dua jam kemudian pihaknya menangkap Nur Hidayat alias Yayat bin Abdul Syuhud (42), warga jalan Bondoyudo Kelurahan Rogotrunan, Kecamatan Kota Lumajang.

Nur Hidayat ini ditangkap di rumahnya sekira pukul 18.30 Wib. Barang bukti yang diamankan berupa bungkus roko Jarum berisi sabu seberat 0,55 gram dan seperangkat alat hisap sabu.

"Penangkapan pelaku kedua ini bermula dari keterangan Ali Wafa yang lebih dulu kami tangkap," tuturnya.

Saat ditanya pasal yang dijeratkan pada pelaku Yayat tentu berbeda."Nur Hidayat alias Yayat dijerat pasal 114 sub 112 jo 127 UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Beberapa menit kemudian pihaknya juga menangkap Mohamad Nurhadi bin Hasan Wahyudi (37), warga Kapten Suwandak Kelurahan Ditotrunan Kecamata Kota Lumajang.

Pelaku ketiga ini ditangkap di dalam rumah pelaku bernama Nur Hidayat alias Yayat. Barang bukti yang diamankan bubgkus rokok Surya Pro berisi sabu seberat 0,36 gram. Muhamad Nurhadi ditangkap berdasarkan keterangan pelaku Nur Hidayat alias Yayat jika sebagian sabu yang dibeli dari Ali Waga twrsebut telah dijual ke Mohamad Nurhadi.

"Mohamad Nurhadi dijerat pasal 114 sub 112 jo 127 UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,"ungkapnya.

Lanjut Kasat Resnarkoba, ketiga pelaku ini sebenarnya sudah lama menjadi incaran jajarannya bermula dari informasi masyarakat yang mencurigai bermain narkoba.

Atas informasi itu pihaknya terus melakukan penyelidikan yang cukup lama dan membuahkan menangkap ketiganya lengkap dengan barang bukti sabu.

"Ketiganya sudah kami tahan di rumah tahanan Polres Lumajang. Kasus terus dikembangkan," pungkasnya.

Informasi yang diperoleh Memo Timur di lapangan, bahwa salah satu dari ketiga pelaku sabu ini merupakan anak dari pemilik kafe dan rumah makan ternama yang berlokasi di kawasan kota Lumajang. (cho)