TKI Lumajang Meninggal di Negeri Jiran saat Melahirkan

Jenazah tiba di tanah air. (*)
Lumajang, Motim - Kabar kematian Tenaga Kerja Indonesia asal Lumajang di luar negeri kembali terdengar. Seperti diketahui, belum lama, beberapa waktu yang lalu, ada TKI Lumajang yang juga meninggal di Malaysia.

Kali ini, TKI bernama Nur Halimah asal Dusun Kotok Desa/Kecamatan Jatiroto meninggal di negeri jiran. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lumajang melaporkan, yang bersangkutan meninggal dunia saat melahirkan.

“Untuk informasi lebih banyak tentang penyebab kematiannya, kami belum tahu,” kata Soekarmiati, Kepala Bidang Pengembangan Ketenagakerjaan Disnaker Lumajang pada Memo Timur, Rabu (7/8).

Pihaknya juga belum mendapat informasi lengkap kapan kematian Nur Halimah. Karena Disnaker baru mendapat laporan ketika jenazah akan diterbangkan ke tanah air. Untuk dimakamkan di kampung halaman.

“Jenazah diterbangkan dari Malaysia (Rabu) pukul 8 pagi tadi,” ucapnya.

Diketahui Nur Halimah statusnya bukan TKI yang resmi. Karena dari data yang dimiliki oleh Disnaker tidak ada nama yang bersangkutan. Untuk kepulangan jenazah tentunya juga menggunakan dana pribadi.

Namun kata Soekarmiati, ada pihak Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) yang membantu mengurus dan mendampingi kepulangan jenazah. Disnaker juga mendapat informasi pemulangan jenazah tersebut dari SBMI. (fit)