TRC Kirim Personil untuk Upacara Kemerdekaan di Kumbolo

Ranu Kumbolo. (fit)
Lumajang, Motim - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang akan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Ranu Kumbolo pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Kedaruratan, dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, ada 15 personil dari Tim Reaksi Cepat (TRC) yang akan dikerahkan ke Ranu Kumbolo.

“Mereka akan berangkat pada 16 Agustus,” katanya pada Memo Timur, Selasa (13/8).

Partisipasi yang dilakukan oleh pihaknya ini bukan karena adanya perintah dari pihak manapun. Ini merupakan inisiatif sendiri dari BPBD untuk ikut memeriahkan perayaan hari kemerdekaan di Ranu Kumbolo.

Seperti diketahui, pada setiap 17 Agustus, banyak sekali pendaki dari penjuru nusantara sengaja melakukan pendakian ke Semeru untuk mengikuti pelaksanaan upacara di Ranu Kumbolo maupun di Mahameru.

“Jadi ini inisiatif kita sendiri,” kata Wawan.

Lanjutnya, tidak ada tugas khusus yang diberikan pada pihaknya terkait antisipasi pendakian Gunung Semeru maupun Gunung Lemongan pada 17 Agustus mendatang. “Tidak ada,” ucap dia.

Lanjutnya, kemudian sebagian anggota lainnya dan juga dirinya akan mengikuti upacara yang akan digelar di Alun-alun Lumajang. “Kalau saya nanti di Alun-alun Lumajang,” pungkas Wawan. (fit)