Tumbuhkan Jiwa Patriotisme di Kalangan Pelajar

Lomba gerak jalan. (*)
Lumajang, Motim - Jiwa patriotisme harus terus ditumbuhkan di kalangan pelajar. Ada sejumlah cara untuk menumbuhkan jiwa patriotisme tersebut. Salahsatunya adalah melalui Lomba Gerak Jalan bagi para pelajar.

Lomba gerak jalan yang digelar, Selasa (20/8), ini sekalgus untuk memperingati HUT Republik Indonesia ke-74. Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Lumajang, Suryadi menjelaskan, lomba yang rutin setiap tahun sebagai wujud menumbuhkan jiwa patriotisme.

Lomba gerak jalan tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MA dimulai dan berakhir di Alun-Alun Utara. Suryadi menjelaskan dalam kegiatan lomba gerak jalan yang diikuti oleh sekolah di Kabupaten Lumajang.

Lomb ini terbagi menjadi dua kategori yakni tingkat SMP/MTS dan tingkat SMA atau sederajat, dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 198 pleton. “Peserta Putra 45 pleton, dan putri 64 pleton. SMA/SMK dan MA peserta putranya 31 pleton dan putrinya 58 pleton," jelasnya.

Dengan banyaknya peserta yang mengikuti lomba gerak jalan ini, Suryadi berharap agar bisa membentuk karakter yang positif. “Yakni sikap kebersamaan, kekompakan, kedisiplinan dan ketertiban bagi generasi muda di Lumajang,” pungkasnya. (fit)