Warga Kebonagung Makan Bareng di Jalan Sepanjang 200 Meter

Warga Kebonagung Makan Bareng di Jalan. (*)

Lumajang, Motim - Untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, warga Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono menggelar beragam kegiatan. Salah satu kegiatan untuk memeriahkan bulan kemerdekaan ini, adalah makan bareng.

Namun makan bareng yang digelar di Dusun Krajan 2 ini pada Jumat (9/8) lalu ini, berbeda dengan yang lainnya. Karena kegiatan yang digagas Paguyuban Arjamas (Arek Jalan Masjid) ini digelar di jalan desa dan memanjang hingga 200 meter.

Di atas tikar yang digelar sepanjang 200 meter itu, diletakkan daun pisang sebagai alas makanannya. Kemudian warga setempat duduk di tikar yang sudah digelar dan bersama-sama menyantap makanan tersebut.

Kepala Dusun Krajan 2 Fauzi menyampaikan, warga di sana begitu antusias dengan kegiatan tersebut. Terbukti lebih dari 1000 warga ikut hadir makan bareng. Menurutnya kegiatan ini digelar untuk memperat tali silaturahmi warga di sana.

“Tujuannya agar silaturahmi antar warga makin dekat dan raya kebersamaan antar warga makin erat,” katanya pada Memo Timur.

Dana yang digunakan untuk menggelar kegiatan ini diambil dari hasil ‘jumputan’ atau iuran warga tiap malam yang diletakkan di depan rumah masing-masing dan dikumpulkan oleh Arjamas. Karena setiap malam anggota Arjamas bergantian melakukan Siskamling.

Lanjutnya, kegiatan ini digelar secara rutin tiap tahun di bulan Agustus. Bahkan pada tahun lalu, salahsatu anggota DPR RI menyempatkan hadir di sana. Untuk ikut makan bareng bersama warga.

Fauzi juga menambahkan, dalam kegiatan ini sekaligus dibagikan hadiah bagi para pemenang lomba-lomba agustusan. Seperti diketahui, banyak sekali agenda kegiatan yang digagas oleh Arjamas untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. (fit)