Ada 5 Pasutri Maju di Pilkades Serentak

Lumajang, Motim - Fenomena pasangan suami-istri (pasutri) maju dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Lumajang memang kerap terjadi. Di Pilkades Serentak Lumajang 2019 kali ini, setidaknya ada 5 pasutri yang sudah sama-sama mendaftar.
Calon kades petahana dan istrinya daftar Pilkdes
Calon kades petahana dan istrinya daftar Pilkdes
Salahsatunya adalah Kepala Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono Suhanto yang akan melawan satu-satunya rivalnya, yakni istrinya sendiri di Pilkades yang akan digelar Desember 2019 nanti.

Selain dirinya, Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Lumajang itu juga menyebut, sejauh ini laporan yang masuk pada dirinya ada 4 calon kades petahana lainnya yang juga akan melawan istrinya sendiri.

Empat desa lainnya yang dimaksud, adalah Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono, Desa Mangunsari Kecamatan Tekung, Desa Pandansari Kecamatan Senduro, dan Desa Yosowilangun Kidul Kecamatan Yosowilangun.

“Sementara itu informasinya,” katanya pada Memo Timur saat ditemui di Pendopo Arya Wiraraja, Selasa (3/9).

Ditanya, kenapa calon kades petahana dan istrinya itu sama-sama maju Pilkades, Ia menyebut itu hak dan tidak aturan yang melarangnya. “Setiap warga negara berhak memilih dan dipilih,” ucapnya.

Namun biasanya, alasannya karena kades tersebut sudah kuat dari sisi suara di desa tersebut. Banyak masyarakat yang puas dengan kepemimpinannya. Sehingga tidak ada calon lain yang berani maju.

Karena aturannya, minimal ada 2 calon, maka istri yang bersangkutan didaftarkan juga. Jika hanya ada satu calon, tentu masih akan ada perpanjangan pendaftaran. “Kan tidak boleh ada satu calon,” ujarnya. (fit)