Aksi Pencegahan Korupsi Pemkab Lumajang Urutan 31 di Jatim

Lumajang, Motim - Tim Bus Roadshow Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di Lumajang dan menggelar banyak agenda. Diantaranya pendampingan pada Pemkab Lumajang untuk melakukan pencegaha korupsi.
Ketua KPK Agus Rahardjo
Ketua KPK, Agus Rahardjo
Saat ini KPK menilai, Pemkab Lumajang masih di urutan 31 se-Jawa Timur dalam urusan aksi pencegahan korupsi. Penilaian itu dilakukan KPK dengan melihat beberapa poin dan bisa dilihat di korsupgah.kpk.go.id.

“Lumajang masih di urutan 31 dari 39. Masih banyak yang harus dibenahi,” kata Ketua Agus Rahardjo saat jumpa pers di Pendopo Arya Wiraraja, Selasa (3/9).

Ada 8 poin area yang dinilai. Diantaranya perencanaan dan pengaggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, manajemen ASN, optimalisasi pendapatan daerah, dan manajemen aset daerah.

“Cara menggarkan, pengawasan internal, banyak perlu diperbaiki,” ucapnya.

Dari data yang ada, nampak ada 2 poin progres yang masih 0 persen. Yakni soal kapabilitas APIP dan optimalisasi pendapatan daerah. Sedangkan tertinggi adalah di poin manajemen ASN yang menyentuh 50 persen.

“Yang namanya mencegah itu lebih baik,” jelasnya.

Selama di Lumajang, KPK juga akan mendampingi untuk meningkatkan peringkat tersebut. Bahkan sebelum KPK hadir di Lumajang, peringkat Pemkab Lumajang masih dibawah 31. (fit)