Bangkai Paus 7 Meter Kembali Terdampar di Pantai Bambang

Bangkai Paus terdampar di Pantai Bambang. (*) 
Lumajang, Motim - Fenomena bangkai paus terdampar di Pantai Bambang, Desa Bago Kecamatan Pasirian kembali terjadi. Bangkai paus tersebut, diperkirakan memiliki panjang 7 meter, lebar 1,5 meter, dan beratnya mencapai 1 ton.

Dari informasi yang didapat Memo Timur, bangkai itu pertama kali ditemukan warga yang hendak memancing di sana, Senin (9/9) malam sekitar pukul 21.00 WIB. Bangkai itu terbawa ombak hingga ke bibir pantai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang yang mendapat laporan ini, langsung terjun ke lokasi. Kemudian melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan evakuasi.

Dugaan sementara, paus tersebut terdampar karena mengalami disorientasi navigasi atau kebingungan. Sehingga paus tersebut terus terbawa ombak hingga ke tepi pantai.

“Kita berkoordinasi dengan pemangku kepentingan, yakni Balai Besar. Disitulah nanti weweang dari Balai Besar untuk mengevakuasi itu,” kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Kedaruratan, dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, Selasa (10/9).

Ditanya fenomena paus terdampar yang sering terjadi di pantai selatan, Wawan menegaskan, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Dinas Kelautan. “Karena yang berhak menjawab dari Dinas Kelautan,” ucapnya.

Ia menambahkan, bagi warga di pesisir selatan untuk tetap berhati-hati dan waspada. Jika ombak tiba-tiba tinggi atau mencapai 3 meter, dihimbau tidak melaut terlebih dulu. “Tunggu saja sampai keadaan norma,” pungkasnya. (fit)