Baru Dilantik, Tunjangan DPRD Lumajang Sudah Naik

Lumajang, Motim - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang periode 2019-2024 baru dilantik bulan Agustus. Mereka langsung bisa menikmati kenaikan sejumlah tunjangan yang baru disahkan melalui PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) pada bulan lalu.
Sekretaris DPRD Lumajang
Sekretaris DPRD Lumajang
“PAK itu ditetapkan Bulan Agustus. Hal-hal yang berkaitan dengan PAK itu mesti ada Perbup. Perbup itu biasanya menyusul,” kata Sekretaris DPRD Lumajang Sutariyono pada wartawan, Kamis (12/9).

Sutariyono menyebut, diantaranya kenaikan tunjangan perumahan. Bagi ketua Rp 13,5 juta per bulan dari sebelumnya Rp 12,5 juta. Kemudian wakil ketua Rp 12 juta per bulan dari sebelumnya Rp 11 juta. Untuk anggota Rp 11 juta dari sebelumnya Rp 10 juta.

Selain tunjangan perumahan, DPRD Lumajang yang baru, juga akan menikmati kenaikan tunjangan transportasi. Masing-masing mendapat Rp 11 juta per bulan dari sebelumnya sebesar Rp 10 juta.

Ia menambahkan, kenaikan tunjangan ini diharapkan juga memacu kinerja anggota DPRD Lumajang yang baru. “Kita upayakan kenaikan itu, agar kerja kawan-kawa itu maksimal,” harapnya.

Sementara Wakil Ketua Sementara DPRD H. Bukasan menginginkan, semua anggota dewan aman dari masalah pendapatan keuangan. “Artinya tidak ada manipulatif, atau bahasanya tidak menggunakan anggaran fiktif,” jelasnya.

Ia menyebut, seperti tunjangan ini, sudah melekat sebagai hak anggota dewan. Regulasinya juga sudah diatur sehingga tidak ada masalah. “Secara regulasi tidak ada masalah dengan DPRD. Kita mencari yang aman-aman saja,” pungkasnya. (fit)