Calon Sekda Boleh dari Luar Lumajang

Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (fit)
Lumajang, Motim - Sudah ada upaya dari Pemkab Lumajang untuk mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Lumajang. Panitia Seleksi (Pansel) telah dibentuk dan pendaftaran sudah dibuka. Siapa saja yang memenuhi syarat bisa mendaftar.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menegaskan, tidak ada syarat khusus dalam pendaftaran ini. Kemudian calonnya, juga tidak harus dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dari lingkungan Pemkab Lumajang. Namun juga bisa dari luar Lumajang.

“Sama (seperti Eselon 2), jadi kita mengikuti sesuai tata kelola yang ada. Dan siapapun boleh sesuai dengan jenjang dan syarat untuk mendaftar. Misal soal eselonnya, pangkatnya, golongannya,” ujarnya.

Thoriq menambahkan, dalam proses pendaftaran ini, pihaknya harus mematuhi atauran atau prosedur yang lebih tinggi. “Saya kira ini sudah ada aturan di Kemendagri, Peraturan Pemerintah,” ucapnya.

Ia juga telah menyerahkan pendaftaran ini pada Pansel, hingga nanti ada nama-nama calon yang disodorkan padanya. “Dan setelah ada fit and proper test, kita akan menerima hasilnya dari pansel yang sudah ditentukan,” pungkas bupati.

Seperti diketahui, pendaftaran dibuka sejak 16 September hingga 2 Oktober 2019. Kekosongan Sekda definitif terjadi sejak 10 Desember 2018, setelah Drs. Gawat mundur. Kemudian Drs. Agus Triyono ditunjuk sebagai Pj Sekda mulai 7 Januari 2019. (fit)