Hutan Bambu, Tempat Favorit Suroan

Lumajang, Motim - Perayaan 1 Suro terus menjadi tradisi di Lumajang. Dari sekian tempat yang menggelar perayaan tersebut, nampaknya Hutan Bambu di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro yang paling favorit. Pasalnya, ribuan warga terlihat memadati kawasan tersebut.
Warga memadati Hutan Bambu
Warga memadati Hutan Bambu
Grebek Suro yang juga dihadiri Bupati Lumajang Thoriqul Haq diisi dengan ragam acara. Diantaranya, mulai dari arak-arakan hasil Bumi, Tarian Budaya khas Lumajangan "Tarian Oleng", hingga ritual adat yang telah menjadi tradisi tahunan warga setempat.

Selain bupati, perwakilan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Trisno Sudibyo juga hadir. Ia mengaku bangga terhadap perangkat desa maupun warga, karena mampu menyuguhkan berbagai pertunjukkan kepada warga masyarakat.

"Hari ini luar biasa, amazing kalau bahasa pariwisatanya, " katanya.

Sebagai putra daerah, Ia merasa bangga dan menilai bahwa Hutan Bambu selain memiliki keindahan alamnya juga memiliki potensi lokal yang unik. Seperti cangkir yang terbuat dari bambu dan gelaran Budaya khas Lumajangan lainnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari langkah - langkah untuk mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kab. Lumajang. "Untuk itu, saya berharap Hutan Bambu terus dijaga ekosistemnya. Dan saya sepakat hutan bambu jadi destinasi eko-wisata," ujarnya.

Bupati juga mengapresiasi warga serta perangkat desa yang melakukan inovasi nyata terhadap pengembangan wisata alam Hutan Bambu. "Ini komitmen yang luar biasa, semangatnya juga luar biasa, ini yang kami apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Lumajang," kata Bupati.

Thoriq menyampaikan, bahwa Pemkab Lumajang akan mendukung Pemerintah Desa Sumbermujur dengan memberi bantuan penambahan dana. Demi pengembangan Wisata Alam Hutan Bambu.

"Kami berikhtikad, akan menambah keuangan dari Kabupaten kepada Desa Sumbermujur khusus untuk mengembangkan wisata alam hutan bambu," jelasnya. (fit)