Indomaret dan Alfamart Tak Sediakan Kantong Plastik, Lainnya Kapan?

Larangan toko modern sediakan kantong plastik. (fit)
Lumajang, Motim - Bupati Lumajang Thoriqul Haq telah mengundangkan Peraturan Bupati Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pengurangan Plastik Sekali Pakai pada 8 Juli 2019. Salahsatu poin aturannya, adalah toko modern dilarang menyediakan kantong plastik.

Sejauh ini yang nampak telah mematuhi aturan tersebut adalah toko modern berjejaring Indomaret dan Alfamart. Sedangkan toko modern lainnya maupun pusat perbelanjaan besar, nampak tak menggubris Perbup itu, karena masih menyediakan kantong plastik.

Seperti diketahui, sebagai langkah awal penerapan Perbup, Pemkab Lumajang telah meminta Indomaret dan Alfamart untuk tak menyediakan kantong plastik. Dan kini keduanya benar tak menyediakan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang Yuli Harismawati saat dikonfirmasi, menegaskan, pihaknya juga akan segera menyurati toko modern lainnya untuk mematuhi Perbup itu.

“Kita evaluasi, kita monitoring, segera kita surati,” ujarnya pada Memo Timur, Rabu (4/9).

Dari Perbup itu, nampaknya memang tidak ada sanksi tegas jika toko modern tersebut melanggar aturan tersebut. Bagi yang melanggar hanya akan dibina, diawasi, serta pemberian sanksi administatif berupa peringatan tertulis dari bupati dan membuat surat pernyataan.

“Kami lebih mengajak dengan kesadaran karena para pengusaha sudah diberi ruang berusaha di Lumajang. Selanjutnya akan kami berlakukan sanksi administratif. Akan ada peringatan tertulis dari bupati,” kata Yuli seperti diberitakan sebelumnya. (fit)