Jelang Pilkades, Ketua AKD: Masih Ada Waktu Selesaikan DD

Lumajang, Motim - Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2019, tak sedikit calon kades petahana yang dipusingkan dengan masalah Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Mereka harus menyelesaikan temuan Inspektorat, sebelum maju lagi.
Ketua AKD Lumajang Suhanto
Ketua AKD Lumajang Suhanto
Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Lumajang Suhanto menegaskan, masih ada waktu bagi calon kades petahana untuk menyelesaikan DD dan ADD. Pasalnya, setelah mendaftar, mereka tidak langsung cuti.

“Kepala desa ini kan tidak serta merta setelah mendaftar langsung cuti,” ujarnya pada wartawan.

Ia menyebut, mereka masih aktif bertugas menjadi kades hingga nanti penetapan calon kades. “Sehingga teman-teman (kades) bisa menyelesaikan tugas dan kewajibannya sampai dia ditetapkan,” ujarnya.

Suhanto menegaskan, sisa waktu yang dimiliki oleh para kades ini bisa dimaksimalkan. Selain untuk menyelesaikan DD dan ADD, mereka juga masih memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Sebelum cuti, masih ada waktu untuk masyarakat,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Inspektorat sudah melakukan pemeriksaan ke semua desa yang akan menggelar Pilkades serentak. Karena waktu pendaftaran yang mepet, Inspektorat memberikan kelonggaran pada kades untuk menyelesaikan temuan masalah. Kades diminta membuat pernyataan untuk menyelesaikannya dengan waktu yang disepekati. (fit)