Karnaval Desa Makin Kreatif dan Meriah

Lumajang, Motim - Tahun ini di Lumajang, semakin banyak karnaval yang digelar oleh pihak desa. Nampaknya, meskipun hanya tingkat desa, karnaval tersebut mampu digelar dengan maksimal dan tak kalah dengan karnaval yang digelar di tingkat kabupaten.
Karnaval di Desa Kebonagung
Karnaval di Desa Kebonagung
Peserta karnaval tingkat desa juga nampak makin kreatif. Sehingga karnaval tersebut terlihat meriah. Hingga menjadi magnet hiburan bagi masyarakat. Warga dari luar desa tersebut juga banyak berbondong-bondong menontonnya.

Seperti yang digelar di Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Minggu (8/9). Semua peserta yang menggunakan dana swadaya atau tanpa bantuan uang desa, mampu tampil maksimal. Dari kostum, kendaraan yang dihias, hingga tarian ditampilkan sebagus mungkin.

Fauzi, salah satu panitia, menyampaikan, meskipun karnaval desa, ada 31 peserta yang mengikuti. Bahkan ada peserta dari luar desa yang ikut berpartisipasi memeriahkan acara tersebut.

“Banyak yang ikut berpartisipasi dari desa lainnya. Seperti Desa Karangsari, Desa Selokgondang, dan Desa Sumberjo,” katanya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Kepala Desa Kebondagung, Suhanto menyampaikan, dalam karnaval yang digelar ini, pihaknya mengutamakan pemberdayaan masyarakat. Sehingga tidak ada bantuan dari desa bagi peserta.

Masyarakat desa memiliki inisiatif dan kemauan sendiri untuk mengikuti karnaval tersebut. Hasilnya, warga tetap begitu antusias dan tampil maksimal. “Kita tidak meberikan bantuan dana bagi peserta untuk tampil dalam karnaval ini,” ujarnya. (fit)