Kecamatan Senduro Berpotensi Munculkan Makanan Khas Lumajang

Makanan khas dari Senduro. (fit)
Lumajang, Motim - Hingga saat ini Lumajang masih belum memiliki makanan khas yang banyak dikenal. Setiap tahun, lomba cipta menu makanan dari pangan lokal kerap digelar. Demi memunculkan makanan khas dari Lumajang.

Dari lomba cipta menu yang digelar Pemkab Lumajang, dalam 3 tahun terakhir ini pemenangnya selalu dari Kecamatan Senduro. Sehingg ada potensi besar, makanan khas dari kawasan tersebut yang bisa dikembangkan dan dikenalkan secara luas.

Di tahun ini, lomba cipta menu digelar di Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, Selasa (10/10). Dari perwakilan Kecamatan Senduro mengenalkan Nasi Kenyo Ayu. Menu ini yang kemudian dipilih juri sebagai terbaik dan berhak mendapat juara 1.

Endang Purwaningsih menyampaikan, menu ini dibuat dari ragam pangan lokal di Kecamtan Senduro. “Ada kentang, mbonte, pisang agung, koro bendung, krecek bung kering, peyek pucuk merah,” katanya.

Ia menegaskan, pihaknya telah memaksimalkan hasil tanaman di Kecamatan Senduro sebagai menu kuliner khas. Bukan hanya saat lomba, menu seperti ini juga dijual di sana. Serta cukup banyak yang pesan.

Ketua Tim Penggerak PKK Lumajang Musfarinah Thoriq menegaskan, memang sampai saat ini Lumajang belum memiliki makanan khas yang dikenal. Ia berharap PKK lebih fokus ke depannya untuk mendapatkan menu makanan khas Lumajang.

“Mudah-mudahan fokus, bisa mengangkat makanan khas Lumajang. Ini menjadi PR kita semua. Sampai tingkat desa,” jelasnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang Ir. Sutan Wardono menyampaikan, lomba yang digelar kali ini berbeda dari sebelumnya. Karena tahun sebelumnya, pesertanya hanya dari kader PKK di masing-masing kecamatan.

“Tahun ini pesertanya dari Tim PKK bersama dengan pengusaha jasa boga atau catering di masing-masing kecamatan,” pungkasnya. (fit)