Kejar Paket B dan C Dioptimalkan Dispendik

Lumajang, Motim - Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lumajang, Drs. Agus Salim, M.Pd menegaskan, pihaknya, berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), khusus melalui bidang pendidikan.
Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Lumajang, Drs. Agus Salim
Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Lumajang, Drs. Agus Salim
Ia menjelaskan, salah satu inovasi yang sedang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Lumajang, adalah program GEMPITA (Gerakan Membangun Pendidikan Kesetaraan Desa). Program tersebut, bertujuan untuk meningkatkan pendidikan masyarakat usia 25 tahun, yang belum bersekolah atau drop out pada usia tersebut.

Saat ini, Dinas Pendidikan sedang melakukan pendataan terhadap masyarakat, yang nantinya akan diikutsertakan dalam program kejar Paket B dan C. "Program tersebut gratis, pembiayaannya akan dibantu dana desa. Nanti, Dinas Pendidikan akan support melalui mekanisme kerjasama dengan pemerintah desa," ujarnya.

Inovasi lainnya adalah program GSM (Gerakan Sekolah Mengaji), dengan tujuan meningkatkan pendidikan karakter anak di bidang keagamaan, terutama bagi sekolah dasar negeri. "Jadi nantinya, kami berharap sekolah dasar bernuansa Madrasah Ibtidaiyah. Targetnya, setiap hari ada 2 siswa tahfidz Alquran," ucapnya.

Inovasi lainnya, adalah program Dinas Pendidikan Cerdas, yang di dalamnya berisi pengembangan sistem manajemen revitalisasi data komunikasi. Hal tersebut, dalam upaya meningkatkan layanan publik, dengan tujuan untuk memangkas birokrasi. Rencananya, pengembangan aplikasi tersebut akan dimulai pada tahun 2020. (fit)