Langkah Preventif, Sat Binmas Rutin Safari Jumat ke Masjid

AKP Totok Sudarsono bersama takmir masjid. (cho) 
Lumajang, Motim - Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Lumajang rutin menggelar safari jumat ke masjid-masjid. Tujuannya untuk menggali informasi langsung dari masyarakat. Sekaligus sebagai langkah preventif untuk menjaga keamanan. 

Seperti Jumat (6/9), giliran Masjid Darul Falah di Keluarahan Kepuharjo Kecamatan Lumajang yang dikunjungi. Kasat Binmas Polres Lumajang AKP Totok Sudarsono, S.Sos, M.sc hadir langsung untuk sholat dan berdialog dengan jemaah di sana.

“Kita usahakan setiap hari Jumat keliling ke masjid. Kita berikan himbauan, kita sosialisasi tentang kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Mungkin juga ada informasi ter-update dari masyarakat,” ucapnya.

Melalui langkah preventif yang diambil ini, pihaknya juga bisa mendapat informasi dari masyarakat yang sifatnya kurang baik atau negetif. “Kita tampung informasi itu, sehingga kita melakukan antisipasi agar tidak terjadi sesuatu,” jelasnya.

Safari Jumat yang dilaksanakan ini, bukan hanya di masjid-masjid yang ada di kawasan kota saja. Namun juga dilaksanakan sampai ke desa-desa di pelosok Lumajang. “Karena di desa mungkin minim informasi, sehingga mereka juga dapat menerima informasi terkini,” ucapnya.

Selain tu pihaknya juga memberikan bantuan kepada takmir atau pengurus masjid. Diantaranya berupa perlengkapan salat. “Kita berikan kotak hadiah kepada takmir dan juga pengurus masjid. Jadi visi dan misi kita ke masjid-masjid itu pendekatan sifatnya preventif,” pungkasnya. (cho)