Minim Peminat, 7 Desa Belum Penuhi Syarat Pilkades Serentak

Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten, Syamsul Arifin. (fit) 
Lumajang, Motim - Pendaftaran calon kepala desa untuk Pilkades Serentak 2019 di Lumajang telah ditutup 2 September 2019. Namun masih ada sejumlah desa yang nampaknya minim peminat. Karena syarat minimal 2 pendaftar belum terpenuhi.

Dari data yang didapat Memo Timur, setidaknya ada 7 desa yang belum penuhi syarat tersebut. Diketahui, 6 desa diantaranya hanya ada 1 pendaftar. Sedangkan 1 desa lagi, bahkan tak ada satupun pendaftar alias nihil.

Desa tersebut diantaranya Desa Bence Kecamatan Kedungjajang, Desa Bedayu Kecamatan Senduro, Desa Bedayu Talang Kecamatan Senduro, Desa Sarikemuning Kecamatan Senduro, Desa Mangunsari Kecamatan Tekung, Desa Karanganyar Kecamatan Yosowilangun.

Kemudian desa yang nihil pendaftar adalah Desa Tegalbangsri Kecamatan Ranuyoso. Sedangkan desa dengan jumlah pendaftar terbanyak adalah Desa Gedangmas Kecamatan Randuangung, ada 13 orang pendaftar.

Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten, Syamsul Arifin saat dikonfirmasi terkait ini, belum bisa memberikan keterangan lebih banyak. Karena pihaknya masih melakukan rekap dari semua kecamatan.

“Ini teman-teman masih merekap bersana, dari laporan camat,” katanya pada media, Selasa (10/9).

Namun untuk desa yang nihil pendaftar, Ia membenarkan jika di Desa Tegalbangsri memang tidak ada stupun pendaftar. “Yang saya tahu Tegalbangsri itu nihil,” ujarnya saat ditemui di kantornya.

Ia pun berharap, saat pendaftaran di perpanjang nanti, jumlah minmal pendaftar itu bisa terpenuhi. Ia menginginkan putra terbaik di masing-masing desa bisa mencalonkan diri. “Jadi kepala desa itu enak kok. Nikmat. Jika tidak ada unsur lain-lain, pasti ada yang daftar,” jelasnya.

Pelaksana Tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang itu juga membenarkan jika di Desa Gedangmas jumlah pendaftarnya mencapai 13 orang. “Gedangmas ada banyak pendaftar,” pungkasnya.

Desa yang masih belum memenuhi syarat ini bakal diperpanjang pendaftarannya. Sesuai jadwal tahapan, perpanjangan pendaftaran akan dilaksanakan pada 26 September sampai 18 Oktober 2019. Sedangkan tahapan yang berjalan saat ini adalah penyaringan bakal calon. (fit)