Panitia Kabupaten Pastikan Petahana Tak Lolos di Pilkades Dorogowok

Lumajang, Motim - Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Dorogowok, Kecamatan Kunir sempat menjadi sorotan lantaran petahana yang gagal mendaftar. Kades Dorogowok, Kholil belum mengantongi surat dari Inspektorat hingga pendaftaran ditutup. Sehingga tidak bisa mendaftar.
Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Syamsul Arifin
Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Syamsul Arifin
Ia baru mendapat surat itu, 9 hari setelah pendaftaran ditutup. Ketika syaratnya sudah lengkap Ia tetap memaksa untuk melakukan pendaftaran. Panitia pun tidak bisa menerima pendaftaran itu, dan juga melimpahkan masalah ini ke tingkat yang lebih tinggi.

Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Syamsul Arifin, saat dikonfirmasi terkait masalah tersebut, nampaknya sudah memastikan, jika petahana tak bisa lolos di pendaftaran Pilkades Dorogowok. Karena sudah aturan yang mengikat. Proses pendaftaran juga sudah dilalui.

“Tahapan sudah dilalui, itu sudah dilakukan, Saya kira teman-teman paham prosesnya seperti itu,” katanya pada wartawan.

Seperti diketahui, di Desa Dorogowok tidak mungkin akan ada perpanjangan waktu pendaftaran. Karena jumlah pendaftar di desa tersebut juga sudah memenuhi syarat minimal yang telah ditentukan.

“Dengan rasa hormat Saya, Perbup Lumajang harus dilaksanakan,” ujarnya.

Selain Desa Dawuhan Lor dan Dorogowok, Ia menyebut ada Desa Sumberejo, Kecamatan Candipuro yang juga dilaporkan masih ada kendala. Ditambah ada desa-desa lainnya yang juga laporannya masuk padanya. Namun hal itu menurutnya bisa ditangani di tingkat bawah.

“Ya kalau informasi setiap hari ada saja. Cuman yang Dawuhan Lor ini menjadi prioritas,” pungkasnya. (fit)