Panitia Kabupaten Tak Loloskan Irawan di Pilkades Dawuhan Lor

Lumajang, Motim - Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten sudah membuat keputusan terkait persoalan pendaftaran calon di Desa Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono. Panitia akhirnya tak meloloskan Irawan sebagai calon kades.
Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten, Syamsul Arifin
Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten, Syamsul Arifin
Sekretaris Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten, Syamsul Arifin menegaskan, pihaknya tetap berpegangan pada Peraturan Bupati. Karena ada syarat yang tidak dipenuhi oleh bakal calon. Yakni surat keterangan dari kecamatan terkait tidak pernah menjabat kades 3 periode.

“Memang masalahnya surat dari kecamatan itu. Karena memang persyaratannya seperti itu,” katanya pada media, Senin (9/9).

Sementara Irawan sebelumnya menyebut, keterlambatan dirinya untuk memenuhi persyaratan itu karena kesalahan panitia desa. Ada tambahan persyaratan, yakni legalisir ijazah 8 lembar. Padahal di Perbup hanya 3 lembar saja.

Syamsul Arifin menegaskan, sebenarnya pihaknya bisa memberikan toleransi jika permasalahannya hanya karena legalisir ijazah itu. Namun masalahnya, menurutnya, Irawan tidak bisa memenuhi surat dari kecamatan itu.

“Sudah kita sampaikan, ndak bisa karena surat keterangan itu. Kan itu sudah jelas, surat keterangan camat sudah tidak bisa diperoleh,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lumajang itu.

Keputusan ini juga telah disampaikan pada yang bersangkutan. Bahkan Syamsul juga meminta kepada Irawan untuk menemui pihaknya untuk informasi lebih jelas. “Sudah Saya suruh ke sini, kalau kurang jelas,” tegasnya. (fit)