Puluhan Pemanah Cilik Bersaing di Piala KONI 2019

Lumajang, Motim - Piala Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lumajang 2019 digelar. Sejumlah cabang olahraga (cabor) yang tergabung di KONI sudah mulai melaksanakan kompetisi. Salah satunya adalah cabor panahan.
Pemanah cilik dari Lumajang di Piala KONI
Pemanah cilik dari Lumajang di Piala KONI
Bertempat di Lapangan Gor Wira Bhakti, perlombaan digelar selama 3 hari, pada 16-19 September 2019. Sebanyak 91 atlet panahan ikut berpartisipasi. Diantaranya 47 atlet putri dan 44 atlet putra.

Dari jumlah tersebut, juga banyak para pemanah cilik yang ambil bagian untuk ikut bersaing. Mereka akan bersaing sesuai kelompok usia (KU). Dari KU-8 hingga KU-19.

Berbeda dari kompetisi sebelumnya, Piala KONI kali ini dibagi dalam dua kelas. Ada Kelas pemula dan kelas prestasi. Kelas pemula adalah bagi atlet yang belum sama sekali mengikuti kejuaraan di manapun.

Untuk Kelas Pemula diikuti 25 atlet. Mereka terbagi dalam KU-8, KU-10, KU-12, dan KU-16. Sedangkan Kelas Prestasi, terbagi dalam KU-8, KU-10, KU-12, KU-15, dan KU-19.

Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Lumajang, Vendix MTL menyampaikan, Piala KONI ini juga sebagai persiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur yang akan datang. Untuk itu, pembinaan pada atlet sudah harus dilakukan secara serius mulai sekarang.

Lanjutnya, atlet panahan dari Lumajang sudah memiliki cukup banyak prestasi. Terakhir, di kejuaraan tingkat nasional, mampu menduduki urutan 31. Melihat sejumlah prestasi yang diraih, Ia berharap KONI ke depan akan lebih mendukung.

"Semoga kedepannya nanti bisa menjadi faktor pemikiran yang ada di KONI untuk bisa mempertimbangkan panahan bisa dikembangkan lagi," katanya.

Ia menambahkan, kini Perpani Lumajang sudah memiliki 8 orang wasit yang sudah berlisensi nasional. Sehingga sudah memiliki standar untuk mampu memimpin setiap perlombaan dengan baik.

Sementara Wakil Ketua KONI Lumajang, Eddy Sujarwo menginginkan semua nomor dan kelas ada atlet yang berkompetisi. Sehingga nantinya akan lebih banyak atlet panahan yang mewakili Lumajang.

"Sehingga di Puslatkab (Pusat Pelatihan Kabupaten), Perpani harus ngirim banyak atlet. Agar Perpani mendulang medali sebanyak-banyaknya," ucapnya. (fit)