Ratusan Pendukung Irawan Akan Demo di Kantor Kecamatan Sukodono

Lumajang, Motim - Persoalan pendaftaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Dawuhan Lor, Kecamatan Sukodono berbuntut panjang. Massa pendukung Irawan, bakal calon yang gagal mendaftar berencana akan gelar aksi demo di Kantor Kecamatan Sukodono.
M. Arif dari kubu Irawan
M. Arif dari kubu Irawan
M. Arif dari kubu Irawan menyampaikan, ada ratusan massa pendukung yang akan iku demo. “Ada sekitar 200 sampai 500 orang,” katanya. Lanjutnya, sesuai jadwal, aksi ini akan digelar Kamis (19/9).

Menurut M. Arif, aksi demo digelar karena sudah berbagai upaya yang telah dilakukan kubunya. Demi meminta pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan ini. Namun hingga saat ini dinilai belum ada kejelasan atau jawaban yang pasti.

“Upaya secara persuasif sudah kami lakukan. Kemudian katakanlah secara formal, melalui surat sudah kami lakukan. Tapi belum dapat respon apapun dari Pemkab,” jelasnya.

Pada aksi demo nanti, kubunya meminta pihak kecamatan untuk membuat keputusan sesuai dengan permintaan massa. “ Meminta camat selaku pengawas untuk bisa melakukan pendaftaran ulang Pilkades Dawuhan Lor,” terangnya.

Ia juga berharap, pihak kecamatan bisa bijak terkait persoalan Pilkades Dawuhan Lor. “Segera ada surat pemberitahuan, istilahnya Irawan dinyatakan lolos. Karena kejadian itu sangat kental dipolitisir saat medaftar,” kata M. Arif.

Terkait aksi ini, pihaknya sudah melayangkan pemberitahuan pada Polres Lumajang dan juga Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) Sukodono. “Ini sudah ter-schedule (terjadwal). Sudah kami layangkan pemberitahuan ke kapolres dan muskipa,” pungkasnya.

Seperti diketahui, permasalahan ini sebelumnya dibawa ke tingkat kabupaten dengan harapan Panitia Kabupaten maupun Bupati Thoriqul Haq memberi keputusan. Namun bupati mengembalikan masalah ini ke kecamatan. Bupati meminta kecamatan untuk menyelesaikannya. (cho)