Sampah di Sungai Pasar Baru Akhirnya Dibersihkan

Lumajang, Motim - Setelah mendapat banyak sorotan, akhirnya tumpukan sampah yang sangat banyak di sungai Pasar Baru dibersihkan. Pada Jumat (6/9) lalu, kerja bakti dilaksanakan oleh pihak-pihak terkait untuk mengangkutsampah tersebut.
Sampah di sungai Pasar Baru diangkut
Sampah di sungai Pasar Baru diangkut
Seperti diketahui, sungai yang berfungsi sebagai saluran pembuangan (avour) tersebut menjadi wewenang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Lumajang. Namun selain DPUTR, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH)dan instansi terkait lainnya juga nampak di sana.

Mereka diterjunkan untuk kerja bakti mengakut sampah-sampah tersebut. Sampah yang ada kemudian dibawa menggunakan mobil milik DLH. Nampak, kini ada perubahan pada wajah sungai tersebut.

Selain aksi kerja bakti tersebut, kabarnya masih akan ada tindak lanjut lagi berikutnya. Alat berat juga akan diturunkan, untuk melakukan pembersihan dan sekaligus untuk pengerukan sedimentasi.

Aksi kerja bakti ini dilakukan, setelah pihak terkait melakukan koordinasi sebelumnya. “Yang mimpin kegiatan tersebut Dinas PUTR, yang terlibat DLH, kecamatan, kelurahan,” kata Pelaksana Tugas Kepala DLH Lumajang Yuli Harismawati.

Lanjutnya, selain terlibat aksi bersih-bersih di sungai Pasar Baru, di hari yang sama, pihaknya juga terlibat dalam aksi serupa di Sungai Gambiran. “Ada dua kegiatan. Besih bersih di Pasar Baru dan di Kali Gambiran,” pungkasnya. (fit)