Sampah Menumpuk di Sungai Pasar Baru jadi Sorotan

Tumpukan sampah di sungai kawasan Pasar Baru. (*)
Lumajang, Motim - Mewujudkan pasar yang bersih memang menjadi tanggungjawab bersama. Mulai dari pembeli, pedagang, hingga dinas terkait. Kali ini pemandangan tak enak terlihat di Pasar Baru Lumajang. Tumpukan sampah ada di sungai kawasan pasar tersebut.

Kondisi ini pun menjadi sorotan banyak pihak. Bahkan menjadi perbincangan di salahsatu grup facebook. Banyak dari mereka menyayangkan minimnya kesadaran masyarakat atas kebersihan. Ada juga yang meminta dinas terkait segera mengatasinya.

Sekretaris Dinas Perdagangan Lumajang Aziz Fahrurrozi menyampaikan, untuk soal kebersihan di dalam pasar memang menjadi tanggungjawab pihaknya. Petugas membersihkan sampah dan dimasukkan ke kontainer sampah. Kemudian diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Namun untuk masalah sampah di kawasan sungai yang menjadi sorotan saat ini, Ia menyebut itu bukan menjadi tugas dari pihaknya. “Kalau kita, sampah di pasar dimasukkan ke kontainer milik DLH, dan kemudian diangkut oleh DLH,” jelasnya, Kamis (5/9).

Sementara Pelaksana Tugas Kepala DLH Lumajang Yuli Harismawati saat dikonfirmasi, mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Karena sampah tersebut berada di lokasi yang menjadi wewenang DPUTR.

“Karena avour kewenangan PU, penanganannya kita koordinasi bareng,” ucapnya.

Ia menambahkan, hasil keputusan rapat itu, akan dilakukan kerjabakti pada Jumat (6/9). “Yang mimpin kegiatan tersebut Dinas PUTR, yang terlibat DLH, kecamatan, kelurahan,” pungkas Yuli. (fit)