Setahun Mengabdi, Banyak Program Sudah Ditepati Bupati

Bupati berdialog dengan warga. (fit)
Lumajang, Motim - Genap satu tahun mengabdi, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Thoriqul Haq – Indah Amperawati sudah banyak menetapi program-program janjinya. Sementara lainnya masih proses dan akan segera ditepatinya. Seperti perbaikan Stadion Semeru agar berstandar nasional.

Program yang sudah ditepati, diantaranya, pelayanan adminitrasi kependudukan gratis tuntas di kecamatan. Kemudian program ibu melahirkan gratis di puskesmas dan rumah sakit. Lalu seragam gratis bagi siswa baru, beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu, hingga revitalisasi pasar tradisional.

Program Pinjaman Tanpa Bunga dan Jaminan juga sudah ditepatinya. Bupati menegaskan, program tersebut untuk pedagang kecil khususnya pedagang sayur keliling atau lebih dikenal dengan sebutan mlijo.

Saat ini sudah ada 350 mlijo yang telah mendapat pinjaman. Setiap mlijo mendapat pinjaman sebesar Rp 1 juta. Mereka harus mengangsur pinjaman itu dalam jangka waktu satu tahun. "Jadi ini pinjaman khusus bagi pedagang yang sangat kecil," kata Thoriq.

Ia berharap pinjaman yang diberikan, bisa membantu mereka untuk mengembangkan usahanya. "Itu merupakan komitmen kita dalam meningkatkan usaha pedagang kecil," lanjutnya. Pinjaman ini dikoordinir oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop dan UKM).

Dalam acara Satu Tahun Mengabdi, Selasa (24/9) malam, perwakilan Semeru Mania, ada yang menanyakan tentang rencana perbaikan Stadion Semeru agar berstandar nasional. Kemudian meminta dukungan pada bupati demi kemajuan sepak bola di Lumajang.

Bupati Thoriq pun menegaskan, Ia akan menetapi janjinya. Stadion akan segera diperbaiki. Diantaranya akan ada pemasangan atap di tribun timur. Kemudian lampu stadion akan segera dipasang.

“Di atas tribun akan ada lampu. Sehingga bisa main malam dan banyak pendukungnya,” kata bupati.

Dukungan yang sudah diberikan adalah, saat ini sudah ada kerjasama antara Pemkab Lumajang dengan Semeru FC, yakni untuk penyediaan sarana dan prasarana. “Saya juga akan datang ke stadion ketika ada pertandingan,” jelasnya.

Kemudian Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Paimin menambahkan, pada 2020 sudah dianggarkan sebesar Rp 10 miliar untuk perbaikan Stadion Semeru. “Akan pada penambahan atap tribun dan lampu stadion,” pungkasnya. (fit)