Titik Kebakaran di Gunung Semeru Bertambah

Kebakaran di Semeru. (*)
Lumajang, Motim - Titik kebakaran di kawasan Gunung Semeru bertambah. Bahkan pada Rabu (25/9) malam, kebakaran terlihat dari kawasan kota Lumajang. Saat ini petugas dan relawan terus melakukan upaya pemadaman di sana.

Laporan terakhir, pemadaman dilakukan di titik api yang berada di Blok Pusung Gendero, Ayek-Ayek, Ungup-Ungup,Batu Tulis, Bantengan, Amprong, dan juga Ledok Tirem Resort PTN Ranupani.

Penambahan luas kebakaran masih belum diketahui hingga saat ini. Bahkan disebut, ada kemungkinan luasannya bisa bertambah. Sedangkan luas lahan yang sudah dipadamkan mencapai 80 hektare.

“Yang terbakar semak-semak, krinyu, serasah dan rumput genggeng, kemlandingan, pakis, akasia, cemara,” Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Kamis (26/9).

Lanjutnya, laporan terakhir, titik api bertambah menjadi 35. Ada titik api yang masih belum bisa dikendalikan. “Pengaruh angin yang sangat kencang, bertebing dan berbukit, sehingga menyulitkan petugas untuk pemadaman,” jelasnya.

Kemudian ada tambahan petugas yang diberangkatkan dari Ranu Pani menuju lokasi kebakaran. Tim tersebut dibagi dalam 3 kelompok. Teknik pemadaman dilakukan seperti sebelumnya, dengan cara manual.

“Mematikan dengan jetshoter, gepyok atau ranting pohon dan membuat sekat pada medan datar agar tdk meluas, sedang pada medan tebing terjal dan sulit dijangkau dilakukan pemantauan arah angin,” pungkasnya. (fit)