Usman Dakem, TKI asal Desa Purwosono Meninggal di Malaysia

Jenazah tiba di rumah duka. (*)
Lumajang, Motim - Kabar kematian Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lumajang di luar negeri terus berdatangan tahun ini. Kali ini, ada satu lagi, TKI dari Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko yang meninggal di Malaysia.

Dari informasi yang didapat Memo Timur, TKI bernama Usman Dakem itu meninggal dunia di Rumah Sakit Alor Gajah Melaka. “Belum ada penjelasan sakit apa,” kata Soekarmiati, Kepala Bidang Pengembangan Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Lumajang.

Lanjutnya, TKI berusia 51 tahun itu juga datanya tidak tercatat di Dinasker Lumajang alias bukan TKI yang resmi. “TKI ilegal mas,” ucapnya pada Memo Timur.

Warga Dusun Darungan RT 07 RW 03 itu sudah meninggal dunia pada 25 Agustus lalu. Kemudian baru diterbangkan ke tanah air, Kamis (5/9). Kabarnya di hari itu juga jenazah tiba di Bandara Juanda dan langsung dibawa ke rumah duka.

Madiono dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lumajang mengatakan, biaya pemulangan jenazah dari Malaysia ditanggung oleh pihak keluarga. Kemudian dari Surabaya dibantu Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI).

“Sekitar pukul 1 siang tiba di rumah duka,” katanya. (fit)